Berita Terbaru :
Home » » Pembangunan Bandara Bakal Gusur Lahan Pertanian

Pembangunan Bandara Bakal Gusur Lahan Pertanian

Redaksi | Rabu, 05 September 2012 | dJogja info

TRIBUNJOGJA.COM/HARy SUSMAYANTI
Petani memetik cabai di lokasi ladang
calon Bandara Nyi Ageng Serang Kulonprogo
KULONPROGO - Rencana pembangunan bandara internasional di Kulonprogo dipastikan akan berdampak terhadap alih fungsi lahan produktif. Lahan-lahan pertanian akan beralih fungsi untuk usaha lain yang mendukung keberadaan bandara. Untuk itu pemerintah daerah dituntut untuk menyiapkan lahan produktif baru sehingga tidak mengganggu produksi pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulonprogo, Bambang Tri Budiharsono memastikan rencana pembangunan bandara pasti akan menyebabkan alih fungsi lahan pertanian. Namun peralihan fungsi lahan ini akan disesuaikan peruntukannya sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Perda RTRW. Lahan-lahan yang akan beralih fungsi ini bukan hanya tanah yang akan dijadikan sebagai lokasi bandara saja, namun lahan-lahan produktif yang berada di sepanjang jalur menuju bandara juga akan terkena dampaknya.

“Lahan-lahan produktif selain di lokasi yang akan dijadikan bandara juga akan beralih fungsi. Lahan-lahan yang berada di jalur-jalur menuju bandara pasti akan berufah fungsi karena multi efek playernya sangat luas,”katanya, Rabu (5/9/2012).(jogja.tribunnews.com)
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar