Berita Terbaru :
Home » » Erupsi, Gunung Merapi Berstatus Normal

Erupsi, Gunung Merapi Berstatus Normal

Redaksi | Senin, 22 Juli 2013 | dJogja info

Gunung Merapi, Jawa Tengah, meletus Senin 22 Juli 2013  pukul 04.22 hingga 05.35 WIB. Meski demikian, status gunung ini masih normal.

Suara gemuruh dari gunung ini terdengar dari Pos Kaliurang. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, erupsi itu menimbulkan gumpalan asap berwarna coklat kehitaman.
"Lontaran material berwarna merah mencapai ketinggian 1.000 meter dari puncak Merapi. Ini teramati dari Pos Selo, Boyolali," jelas Sutopo dalam keterangan pers.

Ratusan masyarakat di Kemalang Klaten mengungsi di Kantor Kecamatan Kemalang dan di daerah Bawukan.  Sedangkan masyarakat di Cangkringan mengungsi ke Balai Desa Glagah Harjo. Namun, sebagian besar pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kelompok rentan, yaitu lansia, ibu menyusui, dan anak-anak saat ini masih mengungsi di Balai Desa Glagah Harjo. Masyarakat di Desa Jrakah Boyolali mengungsi ke desa terdekat dan sudah kembali ke rumahnya. Di Magelang, masyarakat sekitar Merapi hanya keluar rumah karena suara gemuruh gunung Merapi.(viva.co.id)
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar