Berita Terbaru :
Home » » Merapi Erupsi, Hujan Abu Sejauh 14 Km dari Puncak Gunung

Merapi Erupsi, Hujan Abu Sejauh 14 Km dari Puncak Gunung

Redaksi | Senin, 22 Juli 2013 | dJogja info

Erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah, Senin 22 Juli 2013, menimbulkan hujan abu di sejumlah wilayah di dua provinsi. Selain Jawa Tengah, hujan abu juga terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hujan abu ini melanda areal 7 hingga 14 kilometer dari puncak gunung," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hujan abu terpantau turun di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, dan Klaten di Jawa Tengah. Hujan abu juga terjadi di sekitar Kali Tengah Lor, Kali Tengah Kidul, Srunen, di daerah Cangkringan, Kaliurang Sleman Yogyakarta.

BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah, BPBD Provinsi Yogyakarta, BPBD Klaten, BPBD Sleman, BPBD Magelang, BPBD Boyolali, BPPTKG, dan PVMBG Badan Geologi.

"Aktivitas Merapi akan dievaluasi apakah aktivitas akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak. Pemantauan akan diintensifkan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan selalu siap siaga," jelasnya.

Status aktivitas gunung api memiliki empat tingkatan yaitu normal aktif, waspada, siaga, dan awas. Gunung api umumnya memiliki sifat slow on set. Artinya, bencana tidak terjadi secara tiba-tiba dan dapat diprediksikan. (viva.co.id)
Share this post :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

Sabtu, 28 Desember 2013 20.12.00 WIB

semoga para korban terdampak abu vulkanik diberi ketabahan dan cepat mendapatkan bantuan.

bisnis tiket pesawat mantap www.kiostiket.com

Posting Komentar