Berita Terbaru :
Home » » Hiu totol yang terdampar di Parangkusumo masih menjadi perhatian

Hiu totol yang terdampar di Parangkusumo masih menjadi perhatian

Redaksi | Sabtu, 04 Agustus 2012 | dJogja info

Ikan hius yang ditemukan di Pantai Parangkusumo Kretek Bantul memang lebih kecil dibanding yang ditemukan di Pantai Pandansimo Baru Srandakan Bantul. Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul, Rudy Suharta SIP MM, diperkirakan ukuran hiu tersebut sekitar tujuh meter.

Hingga berita ini diturunakan, hiu tersebut belum ada tanda akan segera menepi. Mengenai langkah lanjut terhadap hiu tersebut akan ditetentukan Sabtu (4/8) hari ini.

Sejak ditemukannya hiu terdampar, masyarakat juga berduyun-duyun di pantai Parangkusumo, untuk menyaksikan secara langsung. Hingga pagi ini pengunjung terus mengalir dan makin siang akan semakin banyak.

Bangkai ikan paus yang terdampar di Pantai Pandansimo Baru Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Bantul, Rabu (1/8) malam saat ditemukan tidak kelihatan utuh. Menurut Mugari, warga setempat, awalnya hanya terlihat siripnya. Namun setelah didekati ternyata ikan raksasa. Apalagi setelah air surut, seluruh bagian tubuh kelihatan.

Harga sirip ikan hius paus ternyata cukup menggiurkan. Sirip bangkai ikan hiu paus yang terdampar di Pantai Pandansimo Baru Srandakan Bantul sudah diminati orang untuk dibeli seharga Rp 7 juta.

Jaka, warga sekitar Pandansimo menjelaskan, sudah ada seorang bandar sanggup membeli bangkai sirip hiu itu seharga Rp 7 juta. Karena harganya mahal, sejumlah warga siaga di lokasi ditemukannya hiu agar tidak ada yang mengambil siripnya.

Ikan hiu totol jenis ini, menurut dosen Fakultas Biologi UGM jurusan Fisiologi Hewan, Slamet Widiyanto MSc, tergolong langka karena keberadaannya di seluruh dunia hanya berkisar 200-400 ekor saja. Ikan ini juga hanya terdapat di beberapa negara seperti India, Australia, Afrika, Kenya, Meksiko, Kepulauan Galapagos, South East Asia dan Indonesia. (krjogja.com)
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar