Berita Terbaru :
Home » , » UGM dan UMY perguruan tinggi terbaik nomor satu di Indonesia

UGM dan UMY perguruan tinggi terbaik nomor satu di Indonesia

Redaksi | Kamis, 18 Juli 2013 | dJogja info

Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dikukuhkan sebagai perguruan tinggi terbaik nomor satu di Indonesia. 


UGM sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) nomor satu, sedangkan UMY sebagai PT Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. Penetapan peringkat PT ini dilakukan oleh 4International College and Universities (4ICU) pada Juli 2013 ini.
Lima besar PT se-Indonesia versi lembaga ini adalah UGM, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, UMY, dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM, Didi Achjari, mengatakan bahwa sejak memperoleh otonomi pada tahun 2000 dan menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN), UGM memang sangat gencar melakukan terobosan-terobosan di bidang teknologi informasi (TI), antara lain dengan pembangunan jaringan fiber optik.

"Dengan adanya jaringan ini, maka bandwidth dengan kapasitas yang besar dapat mengalir di UGM.  Saat ini, bandwidth di UGM sebesar 800 Mbps dan akan segera meningkat menjadi 2000 Mbps," ujarnya, Kamis (19/7).

Melalui banwidth yang besar ini, mahasiswa dan dosen di UGM kata dia, bisa melakukan akses ke jurnal internasional yang dilanggan secara masif.

Sementara itu, Nafi Ananda Utama, Sekretaris Universitas UMY mengatakan, capaian prestasi UMY tersebut berkat kerja sama dan kerja keras seluruh civitas akademika.

"4ICU ini adalah penilaian secara independen. Kami tidak mengirimkan berkas-berkas untuk dinilai oleh mereka, tapi merekalah yang langsung menilai kami. Dan salah satu penilaiannya itu adalah berapa banyak sih orang-orang di luar UMY yang me-linkkan websitenya ke website kami," ujarnya.

Namun, menurut Nafi, penilaian dari segi website itu bukan berarti websitenya bagus atau tampilannya yang menarik. Akan tetapi, lebih pada institusi atau perguruan tinggi itu sendiri. Bagaimana sebuah universitas diminati dan dipercaya oleh masyarakat, itu dapat tecermin dari isi serta informasi yang diberikan pada masyarakat melalui websitenya. 

"Tahun kemarin, jumlah link yang ada website UMY berjumlah 30 ribu, dan tahun ini naik menjadi 54 ribu. Itu artinya banyak orang yang ingin mengetahui tentang UMY dan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat," katanya menambahkan.

Menurut dia, peringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan oleh 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah. Tiga searcg engine ini adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. Tercatat 11.160 perguruan tinggi dari 200 negara yang dinilai 4ICU.

Perguruan tinggi yang dinilai dalam pemeringkatan ini adalah perguruan tinggi yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya masing-masing, memiliki program sarjana dan atau pascasarjana, serta masih menggunakan metode tatap muka dalam proses pembelajaran. (republika.co.id)
Share this post :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

Kamis, 27 Februari 2014 10.57.00 WIB

sangat bermanfaat
salam kenal dari saya..
thank you :)

Posting Komentar