Berita Terbaru :
Home » » “NONTON BARENG FILM INSPIRATIF” KEMENDIKBUD

“NONTON BARENG FILM INSPIRATIF” KEMENDIKBUD

Redaksi | Minggu, 16 Juni 2013 | dJogja info

Direktorat Sejarah & Nilai Budaya , Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali menyelenggarakan kegiatan yang terpayung di dalam program “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif 2013” untuk tahun ketiga nya .Dari 30 titik lokasi penyelenggaraan, Kabupaten Kulonprogo terpilih menjadi salah satu titik persinggahan roadshow program ini , tepatnya di GOR Wates pada hari Sabtu , 15 Juni 2013.

Kegiatan bertajuk “Nonton Bareng Film Inspiratif” dengan tema “Film Berkarakter, Inspirasi Kita” ini dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan & Kebudayaan bidang Kebudayaan Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch, Ph.D . Hadir juga dalam acara Ketua Lembaga Sensor Film , Dr. Mukhlis PaEni.

Kabupaten Kulonprogo terpilih karena daerah ini belum memiliki sarana gedung bioskop (theater) ; dimana program “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif” di tahun 2013 memang memiliki sasaran daerah – daerah yang memang tidak memiliki fasilitas / infrastruktur tersebut, sehingga dapat memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik dan masyarakat setempat untuk menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program yakni membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film. Kemendikbud RI saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Acara yang dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Kulonprogo adalah “Surat Kecil Untuk Tuhan” untuk sesi guru, “Hasduk Berpola” untuk sesi siswa dan “Tampan Tailor ” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan serta diskusi interaktif dengan narasumber Agus Hermansyah Mawardi (Asisten Sutradara “Surat Kecil Untuk Tuhan & Hasduk Berpola”) dan Alisia Rininta (Artis, salah satu pemain “Hasduk Berpola”).
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar