Berita Terbaru :
Home » » Mahasiswa Tak Lagi Pilih Beli Buku Pelajaran

Mahasiswa Tak Lagi Pilih Beli Buku Pelajaran

Redaksi | Selasa, 25 September 2012 | dJogja info


YOGYA - Berdasarkan survei biaya hidup mahasiswa di DIY tahun 2012, pembelian buku pelajaran masih terbilang rendah dibanding kebutuhan pokok mahasiswa lainnya. Setiap tahunnya, rata-rata mahasiswa menghabiskan Rp 261 miliar untuk belanja buku pelajaran.

"Artinya belanja buku pelajaran ini hanya menyumbangkan 0,5 persen dari total konsumsi mahasiswa," ujar Ketua Tim Peneliti Pusat Studi Ekonomi, Keuangan, dan Industri LPPM UPN Veteran Yogyakarta, Ardito Bhinadi pada survei biaya hidup mahasiswa di DIY tahun 2012, Selasa (25/9/2012).

Masih rendahnya kebutuhan membeli buku pelajaran di tingkat mahasiswa ini dikarenakan mayoritas mahasiswa memilih belajar melalui netbook atau perangkat iPad-nya. Bahkan  menurutnya jika dulu bangga membawa buku yang tebal, namun saat ini banyak mahasiswa hanya membawa iPad untuk mengakses ebook. "Mahasiswa sekarang sudah kenal IT, sehingga proses pembelajaran semakin maju," terangnya.

Kecanggihan teknologi ini juga ditangkap beberapa dosen dengan menyediakan materi perkuliahan melalui sistem E-Learning. Melalui cara ini, dosen dengan mudah memasukkan materi kuliah untuk dibaca mahasiswa. (*)

Penulis : Gaya Lufityanti     ||     Editor : Theresia Tuti Andayani
Sumber :  Tribunjogja.com
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar