Berita Terbaru :
Home » » Ini Orasi Budaya Sri Sultan Hamengku Buwono X

Ini Orasi Budaya Sri Sultan Hamengku Buwono X

Redaksi | Minggu, 20 Mei 2012 | dJogja info

Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kencono,
Keraton Yogyakarta, Kamis (10/5/2012)
Sleman – Sri Sultan Hamengku Buwono X, menggelar orasi budaya dalam acara peringatan satu abad Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang berlangsung di Lapangan Tritis, Purwobinangun, Pakem pada Sabtu (19/5/2012) malam.

Pada kesempatan itu, Sri Sultan HB X mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk berintrospeksi diri dan membenahi diri serta satu diantaranya dengan cara meneladani sosok Sri Sultan HB IX, terutama di tengah karut marut kondisi bangsa belakangan ini.

Semisal korupsi yang merajalela, konflik SARA, bencana alam, serta berbagai persoalan lainnya yang mengancam semangat kerukunan dan perdamaian.

Dalam orasinya tersebut, Sri Sultan HB X mengajak bahwa hendaknya masyarakat bisa menangkap pesan, yang meliputi, pertama mengenai kesahajaan dan kesederhanaan seorang pemimpin yang tanpa pamrih kekuasaan. Kedua, desakralisasi kepemimpinan seorang sultan.

Ketiga, komitmen seorang pemimpin – peneladan bagi rakyat yang dimpimpinnya. Serta keempat, kepemimpinan perubahan yang berani mendobrak tradisi untuk mendorong kemajuan pendidikan.

Selain itu, Sri Sultan HB X juga menjelaskan bahwa Sri Sultan HB IX adalah sosok yang tidak pernah meninggalkan jati dirinya, meskipun sudah berada di tengah – tengah keluarga Belanda bahkan sejak berusia empat tahun.

“Walaupun saya telah mengenyam pendidikan barat yang sebenarnya, tetapi pertama – tama, saya adalah dan tetap orang jawa,” ujar Sultan ketika menirukan pidato Sri Sultan HB IX dalam pidato penobatannya. (*)

Penulis : Mona Kriesdinar || Editor : M Iwan Al Khasni SIP || jogja.tribunnews.com
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar