Berita Terbaru :
Home » » TRADISI RASULAN DI DLINGO : Momentum Bangun Kebersamaan Warga

TRADISI RASULAN DI DLINGO : Momentum Bangun Kebersamaan Warga

Redaksi | Jumat, 13 April 2012 | dJogja info

BANTUL - Warga di Dukuh Dodogan, Kedung Dayak dan Rejosari, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul menggelar tradisi rasulan, Rabu (11/4/2012) untuk memperkuat persatuan dan kesatuan warga. Selain itu, melestarikan budaya warisan nenek moyang.

Sesepuh Desa, Sunoto menjelaskan puncak kirab adalah dua gunungan Kyai Bogo Bentolo dan Ny Bogo Bentolo. Menurutnya, tradisi rasulan di wilayahnya sudah digelar sejak tahun 1830 dan terus mengalami perubhan agar ebih menarik. Sedangkan gunungan sebagai simbol rasulan mulai ada tahun 1995.

Sunoto mengatakan gunungan tersebut sekalugus simbol warga bersedekah karena terdapat segala macam buah-buahan. Prosesi dimulai ketika dua gunungan dikirab keliling tiga dusun. Sebelum diletakkan di pelataran rumah Kepala Dusun Dodogan Sugino. Setelah selesai didoakan gunungan tersebut ditandu menuju Sendang Kali Ayu di sebagai prosesi terakhir sebelum diperebutkan ribuan warga.

Rangkaian dalam rasulan itu, pengajian, mujahadah, pentas karawitan serta wayng kulit. Hadir dalam acara itu Lurah Desa Jatimulyo, Dukuh Dodogan Sugino, Dukuh Rejosari Ngatiminnarto , Dukuh Kedung dayak Subardi.

Sumber : KR Jogja
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar