Berita Terbaru :
Home » » Growol Khas Kulonprogo

Growol Khas Kulonprogo

Redaksi | Rabu, 09 Januari 2013 | dJogja info

A. Tentang Kuliner ini

Anda pernah mendengar kata Growol? Ya, Growol adalah jenis makanan yang umumnya hanya dikonsumsi oleh orang-orang di pelosok pedesaan. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di Kabupaten Kulonprogo. Makanan yang nyaris mirip nasi ini terbuat dari bahan umbi ketela pohon, yang ternyata tidak hanya dikonsumsi masyarakat menengah ke bawah saja melainkan juga disukai oleh kalangan atas.
Pembuatan growol diawali dengan mengupas ketela pohon. Setelah itu, ketela direndam selama tiga hari tiga malam berturut-turut. Kemudian ketela dicuci dan digiling, untuk kemudian dikukus dan dikemas dalam plastik atau keranjang bambu.
Meskipun rasanya hambar, namun masyarakat Kulonprogo dan sekitarnya meyakini bahwa mengkonsumsi Growol dapat menjaga kesehatan, sekaligus dapat mengobati mereka yang menderita sakit diabetes melitus atau penyakit gula. Untuk mengurangi rasa hambar, Anda bisa menyantap growol bersama Ketak dan Pento yang terbuat dari kelapa.
Growol memang banyak dimakan oleh petani, terutama saat musim panen tiba, sebagai pengganti nasi saat para petani memanen padi di sawah. Berbeda dengan nasi (pagi dimasak, kadang sore sudah basi), Growol justru bisa tahan hingga empat hari.

B. Keistimewaan

Makanan khas ini tidak bisa dijumpai di daerah lain selain di Kabupaten Kulonprogo dan sekitarnya. Meski makanan tradisional ini belum cukup familiar didengar masyarakat kebanyakan, namun Growol mampu menjadi makanan pengganti nasi. Rasa boleh hambar, tetapi Growol bisa juga dijadikan makanan saat Anda ingin diet.
Growol juga bisa disantap bersama Ketak dan Pento. Kedua makanan yang berasal dari kelapa ini bisa menjadi pelengkap ketika menyantap Growol dan ini biasanya dijual dalam satu paket.

C. Lokasi

Growol bisa Anda temui di pasar-pasar tradisional seperti  Pasar Wates. Tidak terlalu sulit menemukan penjual Growol, karena sebagian besar pedagang Growol berada di Lantai dua Pasar Wates. Letak Pasar Wates sendiri berada di pusat Kota Kulonprogo

D. Harga

Growol yang sudah dibungkus dengan plastik, harganya relatif murah yakni Rp.2.500. Jika ingin menyantapnya dengan Ketak dan Pento, satu paket seluruhnya seharga Rp. 4000. Ketak Rp.500 per bungkus dan Pento Rp.1000 isi 3 buah. (wisatamelayu.com)
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar