Berita Terbaru :
Home » » Sleman Endurance Boulder Challenge Digelar

Sleman Endurance Boulder Challenge Digelar

Redaksi | Selasa, 08 Mei 2012 | dJogja info

FPTI Sleman
Ilustrasi panjat dinding
Sleman - FPTI Sleman akan menggelar "Sleman Endurance Boulder Challenge" pada Minggu (13/5) 2012 di Bayu Climbing Center. Kegiatan yang diselenggarakan secara terbuka tersebut untuk mengisi jeda kompetisi yang terlalu lama.

Ketua Harian FPTI Sleman, Karis berujar, seharusnya Sirkuit Panjat Tebing Sleman Seri 2 Tahun 2012 akan digelar bulan ini. Namun atas instruksi KONI Kabupaten Sleman, terkait peringatan hari jadi kabupaten Sleman, maka seluruh cabang olahraga akan digelar serentak pada Juni mendatang.

"Makanya FPTI Sleman berinisiatif menyelenggarakan even ini, bukan dalam bentuk kompetisi, namun berbagai macam permaianan untuk mengukur ketahanan otot pemanjat menempel dinding panjat boulder," katanya, Senin (7/5).

Karis menambahkan, kegiatan ini juga cukup unik karena pemanjatan tidak membutuhkan skill dan ketrampilan tinggi, tapi di tuntut memiliki ketahanan otot kaki, tangan dan perut yang tangguh. Hal itu untuk dapat bertahan selama mungkin pada dinding boulder dengan melewati jalur pemanjatan yang telah disiapkan.

Menurutnya, pada dasarnya setiap pemanjat akan dapat melalui jalur boulder ini, namun yang menjadi penilaian adalah seberapa lama pemanjat tidak jatuh akan dicatat waktunya. Pemanjat yang paling lama bertahan di dinding boulder akan ditetapkan sebagai pemenang.

Selain untuk mengisi jeda kompetisi, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan metode latihan yang biasa dilakukan pada pemusatan latihan panjat tebing. Hal itu guna meningkatkan ketahanan otot pemanjat yang selama ini masih berlatih sendiri tanpa bimbingan pelatih dari klubnya.

Lebih jauh FPTI Sleman berharap dengan mengetahui manfaat metode latihan yang benar, pemanjat yang masih berstatus freelance dapat bergabung di klub-klub yang sudah tergabung sebagai anggota FPTI Kabupaten Sleman yang telah memiliki pelatih bersertifikasi.

Karis menyatakan, ke depan FPTI Sleman akan terus menggelar berbagai macam kegiatan unik yang bertujuan untuk menghibur masyarakat sekaligus mensosialisasikan olahraga panjat tebing. Ia berharap panjat tebing makin digemari sebagai tontonan yang menarik dan diminati sebagai olahraga yang menantang namun tetap aman, jika dilakukan dengan cara yang benar serta mematuhi standard operating procedur.

FPTI Sleman telah lama melakukan sosialisasi panjat tebing dari kampus ke kampung, yang menjadi program prioritas FPTI Sleman di tahun 2012. Satu di antaranya dengan menyelenggarakan kegiatan panjat tebing di Bayu Climbing Center yang berada di tengah-tengah masyarakat Ngropoh, Widoro, Condong Catur, Sleman. (jogja.tribunnews.com)
Penulis : Joko Widiyarso || Editor : Hanan Wiyoko
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar