Berita Terbaru :
Home » , » Film Kehidupan Seluruh Dunia Dalam Sehari

Film Kehidupan Seluruh Dunia Dalam Sehari

Redaksi | Rabu, 18 April 2012 | dJogja info

One Day on Earth 10.10.10: cuplikan kehidupan dari seluruh duni

Pernahkan anda memikirkan apa yang terjadi diseluruh dunia dalam sehari, apa yang terjadi pada belahan dunia lain ketika anda melakukan sesuatu, pada saat itu dan dalam seharian itu juga.

Kelahiran, pernikahan, upacara kelulusan, demonstrasi, konferensi tingkat tinggi, kesedihan, kematian. Begitu beragamnya peristiwa yang terjadi di seluruh dunia saat ini. Rasa keingintahuan ini menjadi latar belakang duo Brandon Litman dan Kyle Ruddick untuk mendokumentasikan berbagai kejadian yang terjadi pada hari tersebut di dunia. Ide itu muncul tiga tahun yang lalu di sebuah konser musik, dimana para pemusik yang baru bertemu untuk pertamakalinya bisa menciptakan harmoni yang indah dari alat musik tradisional masing-masing. Momen itu memunculkan ide untuk menciptakan harmoni yang sama melalui bahasa universal lain, film.

“One Day on Earth bertujuan membawa harapan, dan ajakan yang kuat untuk membahas isu-isu penting seperti kemiskinan, kesetaraan gender, pendidikan, lingkungan hidup, dan kemudian menciptakan perubahan positif. Kita bersama-sama hidup di bumi yang sama, dan dengan rasa kebersamaan itu kita bisa menghadapi berbagai masalah besar yang ada di depan kita,“ jelas Litman.

Tanggal 10.10.10 dipilih menjadi momen untuk pembuatan karya dokumenter tersebut, yang didukung oleh WWF dan sekitar 60 lembaga dunia lainnya. Tidak seperti proses pembuatan dokumenter lainnya yang mengharuskan produser dan kru film datang ke lokasi, One Day on Earth dibuat dari kolase video yang dikirim oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Lebih dari 3.000 jam video terkumpul dan kemudian diseleksi menjadi kolase video berdurasi 1 jam 44 menit. Tiga kontributor video berasal dari Indonesia: Agus Makkie, Gunnar Nimpuno, dan Ramda Yanurzha. Video mereka menggambarkan prosesi keagamaan di Petak Sembilan, Jakarta dan keriaan di Pasar Seni ITB, Bandung.

“Kontribusi kami hanya sebagian kecil dari visual di One Day on Earth 10.10.10. Tapi adalah keharusan untuk menyiarkan dan menyampaikan film ini di Indonesia sebagai sharing dokumentasi dunia pada satu hari yang sama, sehingga kita dapat menyadari bahwa kita tidak hanya penduduk Indonesia, tapi juga penduduk dunia,” ungkap salah satu kontributor Indonesia, Agus Makkie.

Kolase One Day on Earth 10.10.10 akan diputar secara simultan di seluruh dunia pada tanggal 22 April 2012 sebagai bagian perayaan hari Bumi. Di Indonesia pemutaran perdananya akan diadakan di nDalem Wironegaran, Jogjakarta dan Goethe Institute, Jakarta. Penasaran apa yang terjadi di dunia pada 10.10.10? berikut adalah trailer-nya di :




Sumber :  wwf.or.id
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar